Cara perpanjang pajak STNK Lima tahunan di Kotamadya Bogor - 2019

Cara perpanjangan pajak STNK Lima tahunan di Kotamadya Bogor - 2019



Berikut pengalaman saya sendiri dalam mengurus cara pepanjangan STNK atau membayar pajak motor kendaraan Lima tahunan untuk kendaraan motor saya, ini juga berlaku untuk kendaraan mobil.
Persyaratan yang harus anda persiapkan yakni:
1. BPKB motor 
2. Tanda bukti diri KTP 
3. STNK
4. Uang tentunya :) untuk pajak lima tahunan biayanya akan leih mahal dibanding pajak 1 tahunan

Biaya yang dibebankan untuk pembayaran pajak kendaraan bemotor untuk lima tahunan ini besarnya relatif tergantung kendaraan yang anda miliki, biayanya akan jauh lebih mahal dibandingkan pajak tahunan. Untuk kendaraan sepeda motor lebih baik anda persiapkan uang sekitar 500rb an, biaya yang akan dibebankan akan termasuk biaya pembuatan plat kendaraan bermotor baru anda.

Untuk lama proses pengurusan pajak ini kurang lebih pada umumnya sekitar 2 jam an, bisa lebih tergantung banyaknya antrian. 

Apabila anda hendak melakakukan perpanjangan STNK lima tahunan ini lebih baik anda datang sebelum jam istirahat (jam 12), lebih baik anda datang sekitar jam 8-9 pagi, sehingga perkiraan beres mengurusi kewajiban anda ini akan selesai sebelum datangnya jam isitirahat.

Lalu apa yang harus anda lakukan pertama kali untuk mengurusi kewajiban ini?

Berikut ringkas prosedurnya sesuai dengan pengalaman yang telah saya lakukan.

1. Bawa kendaraan bermotor anda langsung ke bagian cek fisik, untuk Kota Kotamadya Bogor Samsat Bogor terletak dekat Hotel Salak, dan bagian cek Fisik berada pada bagian belakang parkiran kendaraan bermotor. 

Setelah anda berada disana untuk sepeda motor terdapat jalur khusus untuk cek fisik dan biasanya sudah ada antrian motor yang sedang di cek fisiknya oleh petugas, sedangkan untuk kendaraan mobil biasanya kita harus memberitahukan dahulu kita akan cek fisik karena tidak ada antrian khusus cek fisik untuk kendaraan mobil.

Cek fisik tidak berlangsung lama, tungguilah kendaraan anda selagi petugas mengecek fisik kendaraan anda. 

2. Setelah selesai hasil dari cek fisik kendaraan anda, anda bawa hasilnya ke loket cek fisik untuk mendapatkan semacam formulir, dan setelah formulir ini disahkan oleh petugas dari cek fisik di loket, bawalah map yang berisi hasil cek fisik ini ke bagian berkas untuk mendapatkan proses selanjutnya. Di Samsat Bogor bagian berkas terletak di samping kiri luar gedung utama Samsat.

3. Selesai di bagian Berkas, barulah kita masuk ke gedung utama untuk mengambil formulir pendaftaran registrasi ulang di loket 1., anda akan diberikan dua formulir kosong untuk diisi sesuai dengan isi BPKB kendaraan anda.

4. Setelah mengisi formulir ini, kembalikan formulir ke loket 1 bagian pendaftaran, dari sana anda akan diberikan tanda bukti untuk melakukan pembayaran di bagian kasir, persiapkan uang anda untuk menyelesaikan proses ini sampai selesai. Biasanya proses mengantrinya panjang tetapi tidak berlangsung lama.

5. Setelah proses pembayaran selesai anda akan kembali mengantri untuk mengambil STNK anda yang baru, STNK ini terdaat tiga lembar, dan lembar merah digunakan untuk mengambil plat nomer kendaraan anda yang baru.

6. Bawalah copy STNK anda berwarna merah ke bagian pembuatan plat nomer, di Samsat Bogor terletak dekat dengan bagian cek fisik kendaraan tempat pertama kali anda datang, serahkan lembar merah pada petugas dan kembali mengantri untuk dibuatkan plat nomer kendaraan anda.

Proses pembuatan plat ini tidak berlangsung lama, tetapi apabila anda datang ke bagian ini pada jam istirahat maka anda harus menunggu satu jam terlebih dahulu menunggu jam istirahat selesai.

Setelah plat nomer selesai dan anda sudah mengambilnya maka selesailah proses perpanjangan STNK lima tahunan ini.

Semoga berguna.

Cara perpanjang pajak STNK Lima tahunan di Kotamadya Bogor - 2019 Cara perpanjang pajak STNK Lima tahunan di Kotamadya Bogor - 2019 Reviewed by anatama2104 on 00:15:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.