Cara menyambungkan Akun Clash of clans dari IOS ke Andro



Catatan ke dua saya tentang game clash of clan

Mungkin seperti yang agan ketahui saya selain bermain game, juga ikut menjual gems dari game ini juga.
Yang menjadi masalah adalah penjualan untuk IOS, karena security iTunes store yang super ketat, kadang-kadang ID Gamecenter si buyer tidak dapat saya proses dengan apple ID punya saya, itu yang kadang membuat saya pusing dengan iTunes store.

Oleh karenanya cara pembelokkan ID gamecenter ke ID Google harus dilakukan, karena pembelian melalui google playstore jauh lebih mudah dibanding membeli dari iTunes store. Menge link an antara ID Gamecenter ke ID google juga berguna buat agan yang mempunyai akun COC yg dimainkan di IOS untuk bisa dimainkan di perangkat andronya juga. Jadi ini khusus agan yang punya IOS dan andro/bluestack.

Pada intinya, menyambungkan akun COC dari IOS ke andro ini tujuannya adalah bermain dengan akun yang sama diantara IOS dan Android, dengan cara membuat akun baru di Android yang akan di overwrite oleh akun COC yang ada di IOS

Jadi apa yang hrs dilakukan dahulu?



Pertama, siapkan ID google (gmail) terlebih dahulu, ID google haruslah ID google yang lama ataupun baru tetapi ID ini adalah ID yang benar-benar belom pernah digunakan bermain COC. Setelah punya ID googlenya silahkan tambahkan ID google ini di perangkat andronya, masuk menu setting, akun, google, add akun

Kedua, Membuat akun COC baru.
Apabila andro agan sudah pernah main COC dgn akun lain maka lakukan clear data aplikasi COC, masuk menu setting HP, aplikasi, COC, clear data, ini akan menghapus data COC di HP agan, jangan lupa pastikan dulu akun COC lama yg akan dihapus sebelumnya sudah konek dengan G+ sehingga progress akun COC yg dimainkan di andro tidak akan hilang.
Lalu setelah clear data mainkan COC baru, game akan mulai main dari awal, bermainlah sampai tutor selesai kemudian konekkan game COC tsb dengan google ID yg sudah disiapkan sebelumnya, masuk menu setting, link to device, pilih akun google  baru yg sudah disiapkan.

lengkapnya silakan baca disini

Apabila andro agan sama sekali belum pernah memainkan COC, maka ini akan lebih mudah, sesudah agan donlot aplikasi dari playstore, maka bermainlah sampai tutor selesai dan link an game tersebut dengan ID google yg sudah disiapkan.

Ketiga, Sekarang buka COC di IOS dan andro, di IOS masuk menu COC, setting, link a device, pilih this is a the old device, maka akan muncul deretean angka yang harus diinput diperangkat andro, kode ini hanya berlaku kurang lebih dua menit saja oleh karena itu cepat input kode tersebut dengan cepat dan benar di perangkat andro agan,

Sekarang masuk andro, pilih menu setting COC , dalam kondisi g+ berwarna hijau pilih link a device, pilih this is the new device, maka akan muncul kolom untuk mengisi deretan kode yang diberikan perangkat IOS tadi

masukan secara benar kode dari IOS tersebut termasuk huruf kapitalnya, apabila kode yang dimasukkan benar maka akan muncul jendela notifikasi bahwa anda akan menggantikan akun COC di andro dengan akun COC yang ada di IOS, tap ok bila anda yakin

Setelah anda konfirmasi maka akan muncul jendela notifikasi bahwa link telah sukses dilakukan

Setelah kedua perangkat selesai dihubungkan maka, perangkat andro anda kini bisa bermain akun yang dimainkan juga di IOS, tentunya tidak secara bersamaan, link antara gamecenter ID dan Google ID ini akan berlaku selamanya, dan mengikat.

Apabila telah selesai link ini maka pembelian gems kini tidak dimonopoli dari iTunes store saja, tapi bisa dibeli dari google playstore, dan gems akan masuk akun anda, dimanapun anda bermain baik di IOS ataupun andro.

Bila ada yang kurang jelas dan ada yang mau ditanyakan, silahkan di cek, artikel saya yang lain ini:
http://panatama.blogspot.com/2015/01/faq-tentang-akun-coc.html

Demikian note COC saya yg kedua semoga berguna, apabila agan mebutuhkan gems silahkan hubungi saya :) silahkan berkunjung ke salah satu lapak saya di kaskus ataupun FP FB
Lapak saya di Forum Kaskus
lapak kedua saya Fans Page facebook
Thanks for reading this note, apabila catatan ini berguna dan anda berkenan, silahkan tinggalkan pesan berguna dan membangun, mencela atau menjiplak note saya mencerminkan pribadi gamers yg kekanak2an.

Jual gems game2 lain:

Cara menyambungkan Akun Clash of clans dari IOS ke Andro Cara menyambungkan Akun Clash of clans dari IOS ke Andro Reviewed by anatama2104 on 03:09:00 Rating: 5

87 comments:

Unknown said...

mas saya kan maen coc di iphoe terus iphone saya hilang sekarang saya mau ngembaliin coc saya ke android , gimana ya caranya

anatama2104 said...

tetap harus ada perangkat IOS dulu, buat nyambungin akun Gamecenternya ke google, setelah itu sama seperti di blog sy ini, sambungin ID GC nya ke google

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Mas di ipad saya kok hilang ya game centr nya ,gimana solusi nya

Anonymous said...

Gan ane kan pertamanan kali main coc di android,terus ane pindahin ke ios,nah android ane di reset factory tuh gan,ane mau mindahin akun ane yang di ios ke android lagi kok gak bisa ya gan,solusi nya gimana gan?
Mohon bantuannya gan.makasih sebelumnya

anatama2104 said...

@anonim: maaf saya kurang tahu banyak mengenai mengembaikan gamecenter yg hilang
@anonim:kan cukup sign in aja di androidnya pakai alamat gmail yg terkonek

MalihMurtadho said...

bang , aku mau mindahin akun coc di ipad ke iphone gimana caranya ya ?

anatama2104 said...

PkMm#20: login GC Ipadnya di iphonenya

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

jadi kalo mau beli gams, COC nya yg di IOS terlebih dahulu harus di connect kan ke android yg udah ad G+ nya yah gan?

anatama2104 said...

@Widi maulana: dengan kata lain akun COC agan yg di IOS bisa dimainkan di perangkat android dengan menggunakan menu link a device

Shakti Darikhwan said...

Gan iphone ane kan mau ane jual, cara apus coc di iphone yg lama gimana ya? Biar pemilik baru ga otak atik

Unknown said...

Gan cara main 2 coc di 1 iphone gmn ya ane capek nyari2 caranya gk dpt, kebanyakan android

Unknown said...

kalo misalnya sudah nge-link dari iphone ke andro, gmana cara bikin ID COC baru di iphone mas? mohon infonya dong mas :))

Unknown said...

Mas misal link device ke andro berhasil.itu apakah data coc kita di game center tetap ada atau hilang?jadi misal mau buka coc pakai iphone kita sebelumnya apakah harus link device dari andro ke iphone?atau tinggal masuk aja lewat game center tanpa harus link device segala?thanks

Unknown said...

mas, gimana cara mainkan akun coc di android ke pc?

anatama2104 said...

@Shakti Darikhwan:logoutgamecetener, tp berdasarkan pengalaman sy jualan dr para pembeli IOS, walau sdh dijual dan pemebeli menggunakan gamecenter baru, akun COC agan akan muncul di Iphone lamanya
@Fiftari Amelza: kalau mulai akun baru IOS gak bisa, tapi kalau gak dari awal, cuma logout gamecenter lama dan login gamecenter baru, lalu play COC dr gamecenter, maka nanti dia akan konfirmasi akan mereload akun COC sesuai dgn akun GC nya td
@Fajar Taufik Putranto: gak bisa, IOS gak bs clear data game COC lamanya
@kamaldi arif:tetap ada dong gak akan hilang, progressnya akan sama antara akun coc yg di Iphone ataupun android, dan gak perlu lagi di link a device, dan akan mengiat selamanya
@Khairullah Ardilis: hanya tinggal menambahkan akun Gmailnya yg di hape ke PC atau bluestack, kemudian tinggal sign in atau switch akun

jual lampu tidur unik said...

clash of clans sepertinya seru. sy kemarin dapet iklan clash of clans waktu main game di android

Unknown said...

Mas, saya main coc di android samsung.. sewaktu main coc saya masi ter connected ke google dgn id gmail playstore saya.. sewaktu pertengahan, saya lopa pas gmail saya, dan saya pon delete gmail lama saya di android.. dan skrg id coc saya g bs connect lg ke google.. solusina gmna ya mas bwt id syaa connect ke google ?

Anonymous said...

Dear mas pras, salam kenal.. Aku mau tanya dong, aku sudah coba link, tapi gagal.. Muncul pernyataan bahwa kita harus masukan id game center sewaktu pertama kali main coc.. Karena dulu aku mulai main coc dgn ID game center lama.. Dan sekarang ID game centernya baru, dan yg lama lupa.. Gimana ya mas? Mohon pencerahannya.. Terima ksih

Unknown said...

Mas pras kalau mau pindahin akun COC dari iphone lama ke iphone yang baru gimana ya? Soalnya iphone yang lama mau dijual. Apakah setelah dipindahkan COC akan aktif di dua perangkat (iphone lama dan baru) ? Apakah memang benar kalau main COC di iphone gk bisa dikonekin ke G+ ?

Terimakasih sebelumnya :)

Unknown said...

Gan saya mau tanya itu knpa saat saya mau buka coc tidak di tanggapi
Tolong don sosulinya gmna gan agar bisa di tanggapi untuk main game coc

Unknown said...

gan saya,mau mindahin dari z10 ke android, pas kilk setting> link a device, ga muncul tuh this is old a old devicenya, malah muncul "dapatkan lyanan google play"
gimana solusinya gan??

google+ said...

ma'af sebelumnya gan. Ane mw tanya. Ane mw mindahin dari ios ke andro. Ane klick tuh link device dan milih old device dari ios, tapi ko ada keterangannya disuruh log out GC dan log in kembali. Yg ane tanyakan, apakah setelah log out dan log in kmbali data coc ane kembali seperti semula atau kembali lagi dari awal?
Sebelumnya thxs.

Unknown said...

Gan ane minta pencerahannya... ane maen coc di smartphone. Dah level 38.. karena maen di hp cepet panas aku download blustak buat maen coc di laptop. Pas nginstal coc yang di laptop akun nya sama ama yang di hp. Sampe dah siap di maenin aku sig in nin ke g+ dg akun yg di hp. Abis itu "ok". Aku maenin. Tapi kok ga ngelanjut coc yang di hp.. malah mulai dari awal lagi. Aku coba sig in dari hp malah yang level 38 gikut ke level 1. bUkannya yang level 1 ngikut level 38. Pencerahannya gan. Soalnya ane pngen bli gem..

Unknown said...

terimakasih gan, berkat infonya ane berhasil nyambungin coc di ios ke google+ ane, skrg ane bs main di ios atau google+, oh iya ane sambung di bluestack ane, sekali lg terimakasih gan

Unknown said...

Gan ane minat bli gems nya,,,,di add ya BBm nya agan,,

Unknown said...

Gan ane mau nanya nih ane udah pernag link device dari IOS ke andro nah ane mau link device lagi dari IOS ke andro soalnya wktu itu ke id gmail ane yang lain , pas ane coba mau link device lagi katanya this link already linked solusi gan makasi

Unknown said...

Saya juga kaya gitu gan,tolong dong solusinya,thx

Unknown said...

sambung kan ke coc

Unknown said...

sambung ke coc

Unknown said...

Mas prasetya mau tanya si dulu saya main coc dengan account yahoo tetapi tiba2 andro saya error dan keriset semua bisa gk mindahin accoun coc dari yahoo ke gmail kasih tau si mas caranya,thank q

Anonymous said...

hello mas.mohon reply soalan saya..saya orang malaysia..saya cuba link ios ke android seperti mas ajar..selepas clear data coc akan keluar coc yg baru..adakah kita perlu masukkan nama village sebelum connect dgn google+?selepas habis tutorial coc akan minta masuk nama village..

Anonymous said...

gan cara pindahin android ke IOS gimana mohon gan ane gabisa bisa bisa nih udh pake link. yang tau tolong bbmin ane gan 51bf4966 kalo nanti bisa saya akan kasih imbalannya makasih gan

Unknown said...

Gan kalo mau mutusin linl device nya bisa ga..????

Wiki said...

Gan gmna cranya hbungkan coc ke g+..? Sdh dhubungkn tpi kok blum ad tlisan slmat datang dri g+nya biasx kn ad tlisannya. Trus wrna conection nya gk bsa jdi hijau merah trus...

anatama2104 said...

haduh maaf teman2 sekalian br merhatikan komen, dah banyak komen yang belum dijawab, sy gak bisa jawab satu2, yang masih mau bertanya langsung direct ke HP sy aja ya, whatsapp/sms ke 081806678033 , atau line ke line id Anatama, maaf BBM nya sudah mulai penuh, untuk sementara slotnya untuk yang buat yang niat beli gems saja, maaf

Sekali lagi maaf buat teman yang nanya tapi belum sy jawab, repot jawabnya satu2, silakan direct aja
Makasih

Unknown said...

gan ko saya ada tulisan error occurred 102

Anonymous said...

Gan..kalo mindahin akun dari Nokia X pake cara diatas work ato gak.?
mohon masukkannya..tkut hp rusak nnti..sayang dah th9 full upgrade

Unknown said...

mas, saya beli iphone second.. trnyta pemilik lama sudah main coc di hpnya tsb.. game center sudah saya ganti dg pnya saya tp kalau kita download coc trs dibuka ttp coc yg kluar adalah coc si pemilik iphone yg lama.. pdhl saya mau main baru dr iphone tsb.. mohon bantuannya mas bgmna caranya saya bs main coc baru lg di iphone tsb.. mksh mas..

anatama2104 said...

@anonim: kayaknya gak bisa gan, untuk yang nokia
@jagad Raffani: nah itu gan saya belum nemu solusinya, kalao buat akun baru memang ga bisa cuma kalo nerusin game coc yg lama (akun coc yg udah konek dgn gamecenter lain) bisa, solusinya mungkin mas, bisa minta tolong buatkan akun coc lain di perangkat ios teman mas yang belom pernah main coc

Unknown said...

Gan numpang tanya ya?
saya sudah mempunyai akun game coc di android saya,dan sudah terhubung dengan akun gmail/G+. tetapi email saya di bobol oleh hacker,dan sata tidak bisa lagi mengganti dengan email yg bru,tetapi coc saya masih bisa di buka di android saya dan terkadang crash apabila hacker juga membuka game itu secara bersamaan.
bagaimana solusinya Gan untuk mengamankan coc saya itu.
mohon bantuanya,,,Terimakasih

Unknown said...

gan tolong dong bantu saya
kronologi:saya kan maen Coc di iOS nah waktu itu
saya pindahin account coc nya ke Android.sekarang
account coc saya mau dipindahin lagi ke iOS.tapi
gak bisa

anatama2104 said...

@zainal abidin: yang diamankan itu gmailnya, kalau gmailnya ga aman ya keangkut juga akun coc nya, kalo gmailnya masih dipegang agan, tinggal ganti pass, terus naikkan securitynya misal nyalakan verifikasi dua langkahnhya, kalo gmailnya sudah ditangan yg bobol, ya ga bisa lagi gan
@muhammad ridwan: akun yg dipindahin ke andro bukan berarti akun coc yang di ios nya hilang, seharusnya akun coc nya bisa dimainkan di dua device, andro dan ios, kalo mau dipindahkan atau dimainkan di ios lain hanya tinggal login gamecenter akun ios nya

Unknown said...

Gan mau nanya, kalau uda pernah link ke android sdh ga bisa link lg ya? apa agan tau solusinya? thx

anatama2104 said...

@Christian Harefa: udah ga bisa, cm sekali aja selamanya

Unknown said...

gan mau nanya jg..kan saya udah pernah android ke iphone skrng kalo mau pindahin akun coc dari iphone ke ipad gmna ya... ada tulisan confirm trus okay nya ga muncul...

anatama2104 said...

@christian taroreh: seharusnya login game center yang sama juga bisa deh gan, tapi kalau mau coba pakai link a device sy belum pernah coba, jadi saya ga bs jawab gan kalo pakai menu link a device

Unknown said...

Mas . Cara mindahin akun coc dari android ke iphone gimana ya .. tolong solusi nya mas

anatama2104 said...

@edo setiawan: sama koq mas sama kaya IOS ke andro, tinggal pakai menu link a device, tapi yang pasti di IOS nya juga akun COC baru, nah masalahnya kalo IOS udah ada akun COC lama, gak akan bisa, karena IOS ga bisa bikin akun COC baru

Unknown said...

Gan aku kmren kn main coc di ios pake akun yahoo, nah sekarang mau pindahin ke andro, sedangkan GC harus pake gmail, mohon solusiny gan..

Unknown said...

Gan aku kmren kn main coc di ios pake akun yahoo, nah sekarang mau pindahin ke andro, sedangkan GC harus pake gmail, mohon solusiny gan..

anatama2104 said...

@riski wijaya: GC gak harus gmail koq, gak masalah yahoo juga, yang harus gmail adalah akun yang mau dipakai di andro, untuk dioverwrite oleh akun coc yg IOS

barbarian said...

sangat membantu thanks berat bozkuuuu

barbarian said...

sangat membantu thanks berat bozkuuuu

anatama2104 said...

@barbarian: sama2 gan :)

Unknown said...

mau nanya ni mas
kalau pakek yahoo.com gimna tu ?
saya pakek ios
gimna cara memindahkannya ke android?

Unknown said...

mas kalau memutuskan gamecenter dengan gmail gmn? soalnya coc saya udh dicuri dan udh dilink ke iphone. jadi saya selalu tabrakan dengan orgnya. mohon bantuannya

Unknown said...

mas kalau memutuskan gamecenter dengan gmail gmn? soalnya coc saya udh dicuri dan udh dilink ke iphone. jadi saya selalu tabrakan dengan orgnya. mohon bantuannya

Unknown said...

mas gimana cara nimbulin kode link di iphone, di iphone saya nggak timbul kode linknya.. mohon solusinya.

anatama2104 said...

@restu ramadahan: ga bisa mas kalau sudah kekonek akan kekonek selamanya
@randy mokoagow: tinggal pakai menu ink a device seperti yg blog sy tulis, kl ga keluar berarti akunnya ga konek sm gamecenter atau akun nya sudah pernah di link

ATech said...

Ada tulisan not attached to game center

anatama2104 said...

@aldi iman, itu artinya akun coc nya gak konek sama gamecenter apple nya mas bro

Unknown said...

iOS ke Android
Akun GC aku pake @icloud.com (berpengaruh ngak?)
Saat aku link device muncul "WRONG ACCOUNT"
Tapi progres,pencapain ato point aku untuk CoC kelihatan kok di GC aku
Masalahnya dimana?
Mohon bantuannya

anatama2104 said...

@garry reza: akun GC pake icloud gak masalah,
itu kayaknya gak konek sama GC gan, kayaknya akun coc yg dimainin gak konek sama login GC nya, coba di log out, kemudian log in dengan GC yg lain, kayaknya HP nya pernah login dengan GC yg berbeda2

Unknown said...

Setelah akun coc nya di pindah ke andro itu sifatnya permanen apa cuma sementara ya ?

anatama2104 said...

@tafua furisatata: jangan salah pengertian dipindah bro, kata2nya seakan2 kalau akun IOS sudah dimainkan di andro maka akun COC yg di IOS akan menghilang, jadi akun IOS yg sudah disambung ke andro, akun COC nya akan bisa dimainkan di dua device, andro dan IOS, dan sifatnya permanen atau tidak, sambungan ke google+ atau gmailnya akan permanen, tidak akan bisa disambung ke google+ (gmail) lain

Unknown said...

Mas Prasetya saya mau tanya, kenapa ya COC saya jadi gak konek ke Google+, tadinya bisa.. udah 2hari ini saya gak bisa konek Google+.
Pas waktu saya klik Google+nya malah ada tulisan Install Google Play Games, pas saya Install gak bisa, (item ini tidak tersedia di negara anda)
tolong solusinya mas Prasetya, supaya COC saya bisa Konek kembali sama Google+.. Thanks

Daffa Ksatria Firdaus said...

Masalahnya sama nih kaya mas mustofa, tolong di bantu mas prasetya hp jadi sepi nih

Fransiskus Handy Kamajaya said...

Bro mau tanya dong, kalo saya punya aku coc di iphone terus, mau tambah akun baru dari android supaya multiswitch, apakah jika menggunakan cara diatas, akun pada iphone akan hilang?

Unknown said...

Saya juga begitu gan kejadiannya, tolong solusinya juga gan, thx

Unknown said...

Saya juga begitu gan masalahnya, tolong banget solusinya, thanks

Muhammad Amir Akram said...

Mas kan saya beli akun coc android... Trus saya mau buka di iOS gimana caranya????
Mohon bales ya....

Unknown said...

Gan sy main coc sy di ios lalu sy main udh smpe th8 trs akun sy bermasalah krna sy lupa passnya jdi sy buat akun baru tetapi gk ke save di akun bru sy jadi sy coba lgi akun lama sy ternya udh bisa main lagi pake akun lama tetapi di gk ke lanjut jdi sy mau pindahin coc sy ke ios bru gk bisa ke pindah krna gk ke save di akun lama jdi sy bingung mau pindahin coc sy gab mohon solusinya & beri penjelasanya ya gan mksh

anatama2104 said...

@akram namikaze, ya pakai link device cm terbalik sekarang, baca tulisan sy gimana pakai link devicenya
@mocka kallem: untuk IOS buat akun baru gak akan bisa kecuali di reset IOS nya, jd kalau mau main di ios lain cuma cukup log out GC dan login GC akun coc nya

Buat yg lain yg bermasalah dengan google play silakan baca post saya soal google play ya, dicari aja tag nya COC

Unknown said...

Gan kalo mau liat code device yv di game center iphon gimana caranya ya.soalnya mau dipindahin ke android...

Unknown said...

Om, kalo balikin akun coc saya karena hae ke restart gmn om. Hp saya nokia x dan konek nya ke facebook. Tolong trik nya om.
Thanks..

anatama2104 said...

@david siregar: coba aja masuk ke link device, old device, another device, kalau muncul kode berarti akunnya udah konek sama GC
@dien both: hp nokia xl ga bisa konek sm g+, kayaknya harus ke forum supercell ke lost villag4e

Unknown said...

Mas klo lupa password gi mana saya udh di ciba berkali2 tetep aja ga bisA

Taufan said...

mas saya mau tanya , kan saya punya coc di google play nah trus saya beli hp iphone nah kan di iphone gk ada gogle play ada nya game center , cara buat google play itu pindah ke game center bisa tidak ?

Unknown said...

Maaf ya gan..gan ane kn pkai iphone truz ane dh pernah mindahin akun coc iphone k android ane..truz android ane ilang gan..mau masukin k android lgi code di menu ink a device ngk muncul lgi gan..tolong donk solusi nya gan makasih bnyk gan

Unknown said...

Slmt malam mas, saya mau tanya: saya maen coc di ipad 1 log in ke game center pake domain email yahoo. apakah bisa jika saya mainin akun tsb di android? saya rncna mau jual ipad dan ganti dgn android. jika berkenan tlg bls ke email saya cbbrs@rocketmail.com. trmksh bnyk mas.

Marketing said...

blog artikel sekolah
Download Software Gratis

Unknown said...

Permisi pak sebelumnya saya udah pernah link dari IOS ke Android, Android nya udh rusak, saya mau link IOS ke Android lg kok gk bisa ya? Tulisanya " Link can only be done Once" apakah ada cara lain untuk memindahkanya? Mohon bantuannya, trims.

Unknown said...

Mas saya numpang nanya ni, kan ane main coc di ios dan ane mau pindah device dari ios ke android tapi pass ane mau nyoba pindah kaga ada link atau kode nya buat pindah iya yang ada tulisan wrong account GC, nah id appel dan sandi ane coba log out dan singi in bisaaa tapi Akun coc ane tetep wrong account masih salah di game center nya, padahal gc saya konek kalo off main coc !! Kira kira ada saran gak no mas giaman cara mya pindah device

Unknown said...

Mas Mhon Info dong ,. Gimana Caranya ya pindahkan akun Google Play sya ke Game Center sya, tanpa dari Link Mas ??? Karna saat ini saya cuma pegang 1 Iphone doang Mas , binggung kalo tanpa Hp androit mas, karna saya cuma ingat Gmail doang Mas, Kasih Solusi dong Mas ????

Unknown said...

Cara termudah memindahkan data dari Android ke iPhone X baru
ini dia caranya

Powered by Blogger.